BONDEK ADALAH MATERIAL PENGGANTI BEKISTING

Tahukah apa itu bondek? kami yakin anda pernah mendengar kata “bondek” mungkin juga pernah melihat material tersebut namun kurang tahu apa namanya dan fungsinya. Anda mungkin sering melihat aplikasi material ini di langit-langit dibawah lantai 2 (dibaca: bawah plat lantai beton), material ini kadang terlihat sebelum dipasang plafon, ada juga yang dibiarkan terekspos natural dan ada juga yang diekspos namun di finishing cat.

Bondek adalah bahan galvanis yang dibentuk menyerupai “seng gelombang” tapi bukan sebagai fungsi material penutup atap seng. Bondek adalah material pelapis bawah cor lantai beton sebagai penganti bekisting kayu (triplek). Bondek juga sekaligus di desain untuk mengkonversi penggunaan besaran diameter besi dan mengkonversi ketebalan cor beton. Sistem tekuk (gelombang plat) di desain sekaligus membantu kekuatan struktur beton cor plat lantai.

Mungkin anda pernah tahu “kertas lipat” tempat obat nyamuk bakar? ya sebuah lembar kertas tipis namun jika dibuat lipatan-lipatan akan kuat menyangga obat nyamuk bakar yang beratnya tentu lebih dibandingkan kertas itu sendiri, demikian juga plat galvanis yang dengan sistem lipat dapat menjadi kekuatan tersendiri. Singkat cerita sistem yang bekerja hampir sama dengan kertas dudukkan obat nyamuk bakar.

Mari kita kupas tentang keunggulan dan kelemahannya.

Keunggulan :

1. Plat bondek jika digunakan sebagai pengganti bekisting maka jika cor beton lantai sudah kering (usia kering beton 28 hari) tidak perlu dilepas karena sudah menjadi satu sebagai unsur kekuatan struktur.

2. Jika menggunakan bekisting kayu (triplek) maka akan membutuhkan tiang-tiang dan balok penyangga (perancah/steger) yang banyak, dengan bondek akan mengurangi hal tersebut.

3. Hasil cor beton akan lebih rapi dan tidak terjadi cor beton keropos akibat dari bekisting bocor.

4. Mengurangi jumlah waktu kerja tenaga dalam pemasangan bondek dibanding bekisting kayu (triplek) dengan kata lain lebih efisien dan ekonomis.

5. Berkurangnya volume cor beton kurang lebih 15% sampai dengan 25%.

6. Berkurangnya jumlah diameter besi tulangan cor beton karena sebagian dikonversi dengan pemakain plat bondek.

7. Sebagian bangunan yang menggunakan aplikasi bondek maka langit-langit kadang tidak ditutup plafon, dibiarkan terekspos, hanya di finishing cat karena plat galvanis bondek tidak berkarat.

8. Akan lebih cepat waktu lagi jika besi cor beton batangan (konvensional) diganti dengan besi “wire mesh”.

9. Bondek dapat digunakan dengan 2 (dua) cara, yaitu sistem balok lantai di cor terlebih dahulu lalu bondek numpang diatasnya lalu lantai di cor, atau cara lain yaitu balok lantai di cor secara bersamaan dengan plat lantai.

10. Bangunan dengan konstruksi baja akan sangat pas jika menggunakan aplikasi bondek, cepat dan hasil lebih rapi, dan langsung dapat di finishing cat dinding dibawahnya.

Kelemahan :

1. Plat bondek tidak mudah dipotong karena itu ketika akan diaplikasikan dilapangan sebaiknya di ukur dengan tepat kebutuhannya tiap panjangnya, kemudian kita beli sudah dalam keadaan sudah terpotong dan siap pakai saja.

2. Bondek dalam pemasangannya membutuhkan alat bantu “las listrik” untuk menyambungkan antar masing-masing bondek agar terjadi saling tarik menarik.

3. Pemasang bondek dibutuhkan pekerja tukang yang telah berpengalaman memasangnya, tidak semua tukang bangunan mampu.

4. Tidak cocok diaplikasikan pada plat lantai cor beton untuk area tepi (plat yang tidak ditopang balok) seperti; plat kantilever dan plat kanopi.

5. Plat bondek tidak dapat disambung oleh karena itu akhir (potongan) tepi plat galvanis bondek harus duduk tepat diatas balok lantai.

Ukuran plat bondek mulai dari ketebalan 0,65mm, 0,75mm dan 1mm, sedangkan lebar 1meter dan panjang 12meter. Cara mengaplikasikannya demikian; arah ruas lipatan untuk bentang (jarak) antar balok terpendek, misalkan; persegi bidang 3m x 6m maka pakailah potongan bondek panjang @2,9m x 1m (lebar) dan jumlah potongan adalah kurang lebih 8 lembar.

Demikian ulasan sederhana tentang plat bondek, semoga ada manfaatnya. Terimakasih sudah selalu mengikuti tulisan-tulisan dari kami. Pertanyaan dan konsultasi dapat anda layangkan dan semoga kamj dapat membantu menjawabnya.

Artikel berkaitan dengan lantai:

Salam,

Hakim Homint.

Diterbitkan oleh hakimhomint

Kami adalah arsitek yang dalam mendesaian selalu mengedepankan keinginan dan ide dari sang pemilik bangunan, dan selanjutnya kami akan menuangkan konsep dari segi pendekatan fungsi dan estetika bangunannya. Disamping itu kami juga membantu dalam pekerjaan-pekerjaan dan desain interiornya.

51 tanggapan untuk “BONDEK ADALAH MATERIAL PENGGANTI BEKISTING

    1. cara menutup rongga bondek dapat menggunakan: styrofoam tebal, menggunakan adukan plesteran, atau yang praktis dan cepat dengan menggunakan lakban hitam. mksih atas pertanyaannya.

      Suka

  1. Apa bisa diaplikasikan di lahan dengan bentuk yang tidak simetris dengan pemotongan disisi bagian panjangnya? kbetulan punya rumah dengan lahan tanah bagian belakang yg miring

    Suka

      1. klo untuk di pakai di kamar mandi direkomendasikan gak yaa..? klo bondeknya dibolongi gtu apa gak rawan bocor/rembes ya pak? trus apa tidak beresiko mengurangi kekuatan tahanan bondeknya sendiri? apa mungkin ada tekniknya sendiri untuk membolongi bondek? maaf pertanyaannya borongan, sbelumnya matur nuwun utk tanggapannya

        Suka

      2. bondek dapat dilubangi dan tidak mengurangi kekuatan. Lubangi bondek dengan alat mesin las atau alat pelubang lainnya. Tentukan jarak lubang (sesuai closet yang akan dipakai), pasanglah pipa dan bungkus dengan kawat ayam lalu ikat dengan pembesian lantai dan cor jangan sampai terjadi keropos maupun retakan.

        Suka

    1. untuk pekerjaan bangunan didaerah pantai yang tidak langsung terkena air laut baik langsung/percikan, cukup awet rentang waktunya, kecuali bahan tersebut berlubang/tergores. Namun pada prinsipnya material logam akan terkena korosi akibat angin laut maupun waktu yang lama.

      Suka

  2. min kalo antara lantai bondek dengan balok tidak di cor bersamaan…apakah kut? jadi balok di cor duluan..sisain untuk plat dan dudukan bondek yg belum di cor. bondek diletakkan di selimut beton dan ujung bondek dilas di begel balok.

    Suka

    1. terimaksih atas pertanyaannya. Pengecoran lantai bondek dapat juga dilakukan secara terpisah sistem pengecorannya dengan balok karena dengan balok baja pun sebenarnya balok baja sudah terpasang (sudah jadi). Namun sangat tidak disarankan balok di cor sebagian kemudian disisakan untuk letak cor lantai (dalam hal ini bondek), kenapa? karena logika kerja kekuatan struktur beton balok tidak bekerja. Sebaiknya balok di cor lebih dulu kemudian pasang angkur (anker) untuk pengikat antara lembar plat bondek.

      Suka

    1. terimakasih atas pertanyaannya, untuk jarak antar balok utama ditentukan dari jarak kolom utama dan jarak balok anak (balok bagi) ditentukan oleh bentang antara balok utama. Silahkan dikonsultasikan dengan ahli struktur/arsitek yg mendesain bangunan bapak/ibu.

      Suka

  3. Baru tahu ada cara seperti ini untuk ngecor. Lebih efektif dan efisien. Pas bikin rumah dulu ya pake triplek. Setelah cor kering haris melepas triplek satu-satu. Hasilnya kadang kurang rapi.

    Kalau soal biaya sepertinya tetep lebih mahal pakai bondek daripada triplek ya?

    Suka

    1. Terimakasih atas pertanyaannya, dengan memakai bondek dari segi waktu akan lebih cepat pengerjaannya dan juga mengurangi biaya untuk tiang penyangga, hal tersebut menjadi pengurang plus minus harga bondek dan tripleks.

      Suka

  4. Maaf mas mau tanya ruangan lebar muka 3 m x panjang 6 m. Dgn jarak kolom 3 m. Saya pasang bondek dgn alur memanjang jd 3 bondek. Apakah cukup pada kolom yg di tengah dipasang besi kanal 8. Dak ini berfungsi untuk lantai tingkat ke 2.

    Suka

  5. Assalamualaikum pak, sya mau tanya disebutkan bahwa jika menggunakan bondek pelat dapat di buat lebih tipis contoh jika pelat konvensional setebal 170mm tapi jika menggunakan bondek bisa jd tebal pelat menjadi 150mm dari manakah cara mencari tau bahwa itu aman? Sedangkan jika dihitung menggunakan SNI untuk pelat didapat ketebalan 170mm.

    Suka

    1. Mksih laras atas pertanyaannya, kami sarankan anda berkonsultasi dengan ahli struktur agar aman dalam menentukan ketebalan plat beton lantai karena keterkaitan dengan beban dan lainnya.

      Suka

  6. Salam admin. Mau tanya utk jarak balok beton 5×5 meter dan menggunakan bondek apakah perlu ditambahkan balok pendukung diantara 5 meter itu?
    Soalnya pernah liat konstruksi baja yg pake bondek dengan jarak balok (WF 250) 6 meter, ditambahkan 2 balok pendukung dengan jarak 2 meter.
    Mohon pencerahan. Terima kasih.

    Suka

    1. Terimakasih Bismar atas pertanyaannya dan sudah membaca artikel kami. Pada prinsipnya bondek adalah pengganti papan cor ketika dalam proses pengecoran. namun lipatan plat pada bondek juga dapat dikonversi menjadi tambahan kekuatan untuk beton dan hal ini perlu ada pendekatan perhitungan-perhitungan secara detil dan seksama oleh ahli sipil bangunan. Harus mempertimbangkan beban diatas beton tersebut, seperti; beban kegiatan manusia, beban barang dan beton itu sendiri serta perhitungan beban-beban yang lainnya.

      Suka

    2. Penggunaan balok dan ketebalan plat lantai cor beton disesuaikan dengan beban yang akan diterima (dipikul) oleh balok dan plat lantai cor beton. Nilai kekuatan ditentukan melalui hitungan kekuatan beton (hitung struktur) yang dilakukan oleh ahli struktur.

      Suka

  7. Salam min,blog yg bagus..
    Kl misalnya pemasangan bondek dilakukan setelah balok terpasang atau dengan kata lain bondek dipasang menumpang diatas balok, bagaimana perhitungan kebutuhan tiang penyangganya dan menggunakan material apa ya? Trims n sukses

    Suka

    1. Terimakasih atas pertanyaannya, dapat dilakukan pemasangan setelah cor balok selesai (sama dengan prinsip balok baja). Sebelumnya siapkan ankor besi pada balok balok dengan tujuan untuk mengaitkan pembesiaannya dan plat bondek pada ankor, hubungkan kaitan dengan sistem las. Penyangga serta kebutuhan tiang disesuaikan dengan beban/bentang. Sebaiknya dalam pemasangan dapat dilihat/survey kepada proyek yang kebetulan sedang melakukan pekerjaan cor lantai dengan menggunakan bondek, hal ini akan semakin menambah pengetahuan kita.

      Suka

  8. Min, kalo proses dak berbarengan dengan sloof. Bagaimana mengikat bondeknya? Dan penutup lubang bondek paling baik menggunakan apa?
    Terima kasih min..

    Suka

    1. Terimakasih sudah membaca artikel kami. Untuk plat bondek diikat dengan sistem las dengan besi balok lantai dan plat bondek dengan plat bondek jika pertemuan di balok tengah. Sedang penutup lubang dapat mengunakan busa sterofoam lalu di isolasi dengan lakban atau dapat juga dengan isolasi lakban saja namun pastikan tidak ada kebocoran.

      Suka

  9. bisakah bondek di aplikasikan sbg dasar kolam renang sebelum di cor…..tiap sambungan di tambal dg plingkut supaya tidak bocor

    Suka

    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Bondek adalah sebagai plat pembentukan lapisan bawah cor beton untuk lantai sebagi bekasting cor. Teknik cor kolam renang harus memperhatikan beberapa hal agar lantai dan dinding kolam renang tidak terjadi kebocoran. Kebocoran cor beton kolam renang tidak berpengaruh langsung dengan bekasting (papan cor) namun lebih kepada teknik pengecoran betonnya, memang sebaiknya bekasting juga harus mendukung untuk tidak terjadi kebocoran saat proses pengecoran betonnya.

      Suka

    1. Terima kasih telah mengunjungi situs kami. Untuk jawaban pertanyaannya adalah 4 sisi menopang diatas balok sekaligus balok menjadi pengikat keliling bondek, namun jika di perlukan tambahan balok anakan (balok pembagi) ketika bentang terlalu panjang. Misal plat lantai ukuran 3×6 maka dipasang balok pembagi di tengah bentang sehingga menjadi 3×3 dan 3×3.

      Suka

Tinggalkan komentar