TEGEL SEMEN

Tegel semen sebagian anda pasti ada yang telah tahu. Iya tegel ini dipasang di bangunan-bangunan kolonial, klasik dan sekarang hadir kembali di bangunan dengan gaya “retro”. Tegel semen juga disebut dengan nama tegel motif. Penggunaan material tegel ini sangat cocok jika anda ingin menghadirkan suasana “tempo doeloe” alias jadul, namun harga tegel ini tidaklah jadul namun setara keramik bahkan setara dengan granite tile. Hahahaha…motif boleh jadul tapi harga kekinian.

Tegel semen memiliki beberapa jenis untuk pemasangan dan pemakaiannya, misal; untuk lantai, plin lantai, pojok akhiran lantai ataupun untuk pemasangan di sudut lantai “siku” bahkan untuk lantai kering, lantai basah dan lantai bertekstur kasar. Memiliki ukuran baku 20/20 untuk lantai dan untuk plin lantai berukuran 10/20. Produk ukuran tersebut adalah ukuran standar pasar namun ada juga yang berukuran 30/30.

Motif tegel semen adalah bermotif ornamen “pattern” seperti bunga, segi dan pattern yang jamak dipakai, motif ini akan terbentuk jika tegel dirangkai bak puzzle. Motif antara perusahaan tegel satu dengan perusahaan tegel yang lainnya kadang berlainan. Oya sekarang pihak perusahaan menerima pemesanan motif yang dapat kita desain sendiri. Disamping tegel semen motif ada juga tegel semen polos tanpa motif, hanya warna solid saja, seperti; warna semen, merah terakota, hijau toska dan kuning (kuning, krem, orange).

Waktu untuk mendapatkan tegel semen relatif butuh waktu lama, kenapa? dikarenakan perusahaan tegel lebih sedikit dari pada permintaan sekarang ini yang pemesanan melambung tinggi. Untuk ukuran luas lantai 100 meter persegi butuh waktu tunggu sampai dengan 3 s/d 5 bulan. Waktu produksi yang lama ini dikarenakan salah satunya proses pembuatan yang “hand made” dan proses pengeringan menggunakan alam alias menunggu kering semen secara alami tanpa dipanaskan ataupun tanpa dijemur dibawah terik matahari. Prosesnya hanyalah di angin-anginkan lalu di rendam dalam air dan di angin-anginkan kembali.

Pemakaian tegel semen motif pada lantai ruang adalah untuk ruang tengah sebagai “center point”, untuk lantai koridor ataupun sebagai aksentuasi pada teras, anak tangga ataupun pada lantai lobby. Selain tegel motif maka dipasang tegel semen warna solid agar ada “center point” yang didapatkannya.

Hand made dalam pembuatan tegel semen maka dalam sebuah motif sudah dapat dipastikan ada warna yang sedikit berbeda ataupun kurang presisi sama persis, faktor tangan dan semen warna ataupun ada motif yang agak “luber” sedikit dan lain-lain, ini menjadikan kekhususan dari tegel hand made dan disinilah keasliannya dan ke antikkannya, ingat dengan kain batik tulis “canting atau cap tangan” naaah sama kira-kira demikianlah.

Finishing tegel semen adalah dengan cara dipoles dengan mesin poles. Tegel semen jika dipasang sebelum di poles akan terlihat berwarna kusam dan permukaan agak kasar, namun ketika dipoles maka warna akan semakin muncul indah dan gilap tentunya.

Perawatan lantai setelah digunakan dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu menggosok dengan sisa parutan kelapa atau serbuk gergajian kayu yang diberikan sedikit minyak…hehehehe, atau dapat juga menggunakan penggilap lantai yang ada di toko bangunan.

Kami sering menggunakan tegel semen untuk bangunan bernuansa tradisional ataupun kolonial. Desain bangunan tersebut akan semakin punya “roh” ataupun ada “aura” yang berbeda ketika menggunakan lantai tegel semen, walaupun telah ada keramik motif “pattern” tapi terasa beda. Yaaa kesan jadulnya menjadi keluar.

Demikian informasi sederhana tentang tegel semen, semoga ada manfaatnya. Terimakasih sudah selalu membaca tulisan kami.

Tegel semen warna solid dan motif : pekerjaan homint

Artikel terkait lantai:

Terkait bangunan tradisional:

Salam,
Hakim Homint.

Diterbitkan oleh hakimhomint

Kami adalah arsitek yang dalam mendesaian selalu mengedepankan keinginan dan ide dari sang pemilik bangunan, dan selanjutnya kami akan menuangkan konsep dari segi pendekatan fungsi dan estetika bangunannya. Disamping itu kami juga membantu dalam pekerjaan-pekerjaan dan desain interiornya.

4 tanggapan untuk “TEGEL SEMEN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: